Pebedaan tentang Do’a Qunut Subuh
Pebedaan tentang Do’a Qunut Subuh
Masalah
tentang do’a qunut memang terjadi perbedaan. Memang ada yang mensyari’atkan
do’a qunut dan ada yang tidak. Berikut beberapa pendapat tentang do’a qunut:
Menurut Madzhab Hanafi dan Hanbali : tidak disayri’atkan
Perbedaan tersebut
dikarenakan ada riwayat tentang disyari’ahkannya do’a qunut seperti hadist dari
مَا زَالَ رَسُوْلُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقْنُتُ فِيْ صَلاَةِ الْغَدَاةِ
حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا
“Rasulullah SAW terus
menerus melakukan do’a qunut shubuh sampai beliau meninggal dunia.”
Dan ada riwayat yang tidak
mensyari’atkan do’a qunut seperti:
أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ كَانَ لاَ يَقْنُتُ إِلاَّ إِذَا دَعَا
لِقَوْمٍ أَوْ عَلَى قَوْمٍ
“Sesungguhnya Nabi Muhammad
SAW tidak melakukan do’a qunut kecuali mendoakan kebaikan kepada suatu kaum dan
mendoakan kejelekan kepada suatu kaum.”
Begitu
indahnya perbedaan jika kita saling menghormati. Kita sepantasnya tidak saling
menyalahkan jika ada saudara sesama muslim melakuakan hal yang tidak sama
dengan kita.
Referensi:
الموسوعة الفقهية
الكويتية - (ج 27 / ص 322)
القنوت في صلاة الفجر
30 - ذهب المالكية والشافعية إلى مشروعية القنوت في الصبح . قال المالكية : وندب قنوت سرا بصبح
فقط دون سائر الصلوات قبل الركوع ، عقب القراءة بلا تكبير قبله (3) .
وقال الشافعية : يسن
القنوت في اعتدال ثانية الصبح ، يعني بعد ما رفع رأسه من الركوع في الركعة الثانية
، ولم يقيدوه بالنازلة .
وقال الحنفية ،
والحنابلة : لا قنوت في صلاة الفجر
إلا في النوازل (4) وذلك لما رواه
اابن مسعود وأبو هريرة
- رضي الله عنهما - : أن النبي صلى الله عليه وسلم قنت شهرا يدعو على أحياء من
أحياء العرب ثم تركه (1) ، وعن أبي هريرة - رضي الله عنه : - أن رسول الله صلى الله
عليه وسلم كان لا يقنت في صلاة الصبح إلا أن يدعو لقوم أو على قوم (2) ومعناه أن
مشروعية القنوت في الفجر منسوخة في غير النازلة .
Comments